Sunday, November 7, 2010

Menstruasi Normal dan Menstruasi Abnormal

Dysmenorrhoea berasal dari dua kata yaitu dys yang artinya sakit/nyeri dan menorrhea yang artinya haid
Sehinggai definisi Dysmenorrhoea yaitu menstruasi yang disertai dengan rasa nyeri atau sakit. Ada dua jenis dysmenorrhoea yaitu Primer dan Sekunder.

  1. Primary Dysmonorrhoea adalah nyeri haid yang wajar, rasa nyeri yang ditimbulkan ringan dan tidak berlangsung lama. Primary Dysmonorrhoea umumnya terjadi pada dua tahun pertama pada masa menstruasi pertama yang didapat oleh seorang wanita. Rasa sakit haid ini akan berangsur-angsur hilang seiring dengan bertambah dewasa/usia atau rasa sakit ini akan hilang setelah kelahiran anak pertama.
  2. Secondary dysmenorrhoea adalah rasa nyeri yang amat sangat yang terkadang menyebabkan kram pada perut bagian bawah. Rasa nyeri ini disebabkan adanya kondisi kelainan didalam organ yang terletak di rongga panggul antara lain tumor, penggunaan IUCD ( interuterine contraceptive device),infeksi organ dalam panggul, dan salah satu yang paling umum adalahEndometriosis. Endometriosis bila tidak segera ditangani maka rasa nyeri cenderung makin lama makin menghebat.
    Adapun tanda atau gejala Endometriosis adalah perut kembung, kram yang intens dan sering, nyeri pada pinggang bagian bawah, atau nyeri yang menyebar di pinggang sampai ke kaki. Terkadang juga disertai gejala gejala lain seperti diare atau konstipasi, sakit kepala, mual, sering buang air kecil dan terkadang muntah. Gejala ini bisa muncul sebelum atau selama menstruasi.
Untuk lebih jelas silakan kunjungi www.female-station.com
Situs tersebut berisi berbagai masalah kewanitaan dan juga masalah kecantikan.

No comments: